Menilai Pementasan Drama

Pada Pelajaran sebelumnya tentunya kalian telah belajar menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata, bukan? Naskah tersebut tentunya akan menjadi lebih baik jika kalian perankan. Sebelum kalian memerankan suatu lakon drama, terlebih dahulu kalian harus melatih kemampuan berakting.

Menilai Pementasan Drama

Akting termasuk salah satu jenis keterampilan dan penguasaannya harus melalui pelatihan. Semua orang normal sebenarnya bisa menjadi aktor. Syaratnya, berniat sungguh-sungguh dan mau berlatih. Latihan-latihan berikut ini dapat kalian laksanakan untuk melatih kemampuan bermain drama.

1. Membaca Puisi

Calon aktor perlu membaca puisi dengan suara lantang di depan temantemannya. Manfaatnya, untuk melatih vokal supaya terbiasa melakukan perubahan nada suara sebagai akibat adanya perubahan perasaan dalam
berbagai situasi.

Perubahan nada suara akibat perubahan perasaan itu tentu saja akan disertai perubahan ekspresi wajah. Mungkin dengan tidak terasa akan disertai pula gerakan anggota tubuh terutama tangan.

Dengan cara begitu, calon aktor dapat mengekspresikan perasaan tokoh yang akan dimainkannya melalui suara, ekspresi wajah, dan gerakgerik tubuh dengan penuh penghayatan. Selain itu, membaca puisi di muka teman-teman juga berguna untuk membiasakan diri tampil di muka umum.

Menyimpulkan Pesan Pidato yang Didengarkan
LihatTutupKomentar