Menulis Naskah Drama berdasarkan Cerpen

Bila kita akan mengadakan pertunjukan drama, yang kita butuhkan pertama-tama adalah naskah drama. Naskah drama adalah karangan yang berisi cerita atau lakon.

Dalam naskah tersebut termuat nama-nama tokoh dalam cerita, dialog yang diceritakan para tokoh, dan keadaan panggung yang diperlukan. Bahkan kadang-kadang juga dilengkapi penjelasan tentang tata busana, tata lampu, dan tata suara (musik pengiring).

Menulis Naskah Drama berdasarkan Cerpen

Sebuah naskah drama tidak selalu murni hasil dari imajinasi manusia, tapi bisa dihasilkan dari pengadopsian (pengambilan ide) karya sastra lain (misal: cerpen, novel, puisi). Naskah drama, bentuk dan susunannya berbeda dengan naskah cerita pendek atau novel.

Naskah cerpen atau novel berisi cerita lengkap dan langsung tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi. Sebaliknya, naskah drama tidak mengisahkan cerita secara langsung.

Penuturan ceritanya diganti dengan dialog para tokoh. Jadi, naskah drama itu mengutamakan ucapan-ucapan atau pembicaraan para tokoh. Dari pembicaraan para tokoh itu, penonton dapat menangkap dan mengerti seluruh ceritanya.

Menyimpulkan Gagasan Utama Bacaan dengan Membaca Cepat
LihatTutupKomentar