Menulis Teks Pidato Yang Baik dan Benar

Pidato adalah pengungkapan dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Sebelum kalian berpidato di depan khalayak, ada baiknya kalian menyiapkan materi pidato terlebih dahulu.

Menulis Teks Pidato

Dalam penyusunan teks pidato, hendaknya kata-kata harus jelas, tepat, dan menarik. Hindari kata-kata klise, hati-hati dalam penggunaan kata-kata pungut, hindari vulgarisme dan kata-kata yang tidak sopan. Menurut Keraf (1970:317), agar tidak menyimpang dari apa yang akan dibicarakan,

Berikut ini langkahlangkah yang harus kalian perhatikan dalam menyusun naskah pidato.

1. Menentuan Tujuan Berpidato

Tujuan pidato bermacam-macam, antara lain untuk memotivasi, melakukan tindakan, memberitahukan (instruktif), menghibur (rekreatif), atau membujuk pendengar (persuasif).

2. Menganalisis Pendengar

Menganalisis pendengar ini didasarkan pada tingkat usia, pendidikannya, dan pekerjaannya.

3. Menyusun Kerangka Pidato

Untuk menyampaikan suatu masalah, kerangka pidato harus dibuat dengan urutan berdasarkan penyelesaian masalah.

Berikut ini susunan pidato pada umumnya.

a. Salam Pembuka

Salam pembuka berisi sapaan kepada yang hadir dalam acara tersebut dimulai dari yang paling tinggi kedudukannya hingga yang paling rendah secara berurutan dan salam pembuka.

b. Pendahuluan

Pendahuluan berisi ucapan syukur pada Tuhan Yang Maha Esa menyebutkan topik pidato yang akan disampaikan (kalau ada).

c. Isi Pokok

Menggunakan Ungkapan dan Peribahasa, peribahasa, arti peribahasa, kata kata peribahasa, ungkapan bahasa indonesia, arti ungkapan, peribahasa bahasa indonesia, kumpulan ungkapan bahasa indonesia, ungkapan kata, arti pribahasa, arti kata peribahasa, arti dari peribahasa, arti arti peribahasa, kata peribahasa
LihatTutupKomentar