Menyusun Kalimat Majemuk Bertingkat dengan Kata Penghubung sehingga

tentang bagaimana menyusun kalimat majemuk bertingkat dengan kata penghubung sehingga, dan juga akan di terangkan beberapa jenis kalimat majemuk bertingkat.

Menyusun Kalimat Majemuk Bertingkat dengan Kata Penghubung sehingga


Dalam naskah pidato pada Materi A di depan terdapat kalimat "... Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat". Perhatikanlah kembali kalimat tersebut.

Di dalamnya terdapat dua kalimat tunggal yang dirangkai menjadi satu. Kalimat yang seperti itu dinamakan kalimat majemuk. Jadi, kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri atas lebih dari satu kalimat yang dijadikan satu.


Kalimat majemuk dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu kalimat majemuk bertingkat dan kalimat majemuk setara. Akan tetapi, dalam Materi E ini kalian hanya akan dilatih untuk menggunakan kalimat majemuk bertingkat.

Kalimat majemuk bertingkat adalah satu kalimat utama yang di dalamnya ada sebuah klausa (satu kalimat utama yang di dalamnya ada dua klausa). Makna hubungan dalam kalimat majemuk bertingkat bermacam-macam.

Pada pelajaran kali ini, kalimat majemuk bertingkat yang akan dilatihkan yaitu kalimat majemuk bertingkat yang hubungannya bermakna hubungan sebab-akibat (dengan menggunakan kata penghubung ... sehingga ...).

 Dalam kalimat majemuk bertingkat ada kalimat yang berfungsi sebagai kalimat utama dan ada yang berfungsi sebagai kalimat sematan (anak kalimat).

LihatTutupKomentar